Perbandingan Gaji Pilot



Pagi ini ada berita di salah satu televisi swasta yang memeberitakan perbandingan dan kesenjangan gaji pilot garuda lokal dengan pilot asing. Perbedaan sangat mencolok yakni sekitar 50 %. Dan para pilot ini tengah berdiskusi sesama pilot dalam sebuat perkumpulan Asosiasi Pilot Indonesia. Namun beberapa sumber menyatakan bahwa perbedaan gaji itu dikarenakan pilot asing bekerja berdasarkan kontrak. Sehingga pilot kontrak tidak dapat fasilitas atau perlengkapan yang didapat oleh pilot tetap dan apabila telah selesai masa kontraknya maka sang pilot kontrak pun harus mencari perusaan lain atau memperpanjang kontraknya. Sedangkan pilot tetap mendapatkan perlengkapan, fasilitas(layanan kesehatan dll), asuransi serta pensiun, jika ingin gajinya sama dengan pilot kontrak maka harus keluar dulu sebagai pilot kontrak. “Masuk di akal si”. Rencananya pilot lokal  akan melaksanakan mogok jika tidak ada pertimbangan atas  kesenjangan gajinya.
Perbandingan gaji antara pilot lokal dengan asing itu di televisi disebutkan yakni 43 juta/bulan untuk pilot asing 87,7 juta/bulan untuk pilot asing. Wah memang hampir 50 % ya perbandingannya. Namun ada yang lebih mengejutkan berapa gaji pilot TNI ? ingint tahu berapa?
Setelah mewawancarai beberapa pilot TNI setingkat captain pilot atau setingkat elemen leader (fighter pilot) atau bahkan instruktur pilot ternyata gaji total mencapai 4,3 juta/bulan  itu sudah termasuk gaji pokok, uang lauk pauk dan lain sebagainya(HAH...... !!!!) ya perbedaan sangat mencolok sekali jika dibandingkan dengan pilot lokal apalagi pilot asing ya? Dan tentunya fasilitas, perlengkapan, kesehatan dan pensiun atau asuransi (jika ada) akan mencolok perbedaannya.  Tapi jangan khawatir hingga saat ini tidak ada desas desus untuk melaksanakan mogok seperti pilot lokal. Karena pilot tni bekerja berdasarkan pengabdian dan kebanggaan..... tapi setidaknya harus diperhatikan juga. Toh tidak menutup kemungkinan kebanggan akan luntur secara lambat laun karena desakan kebutuhan secara ekonomi baik itu berupa kehidupan sehari-hari, biaya kesehatan, pendidikan anak-anaknya. Karena biaya tersebut tidak bisa dibayar hanya dengan kebanggaan.
berita terkait CLICK

Related Posts by Categories

1 komentar:

  1. Mereka mengabdi dgn hati, dan ber perinsip bagimu negeri jiwaraga kami..!! Beda hal dgn koruptor yg penting kantong di isi terus sampai poll.. Gk perduli jarah uang negara sampai negara mau ambroll...

    BalasHapus